Selasa, 06 September 2016

Ribet e-KTP

waktu masih single n tinggal di jakarta gw uda punya e-ktp. tapi begitu menikah dan ikut suami ke bekasi e-ktp gw ini nga berlaku dan harus punya e-ktp bekasi (padahal judulnya e-ktp tapi belom nasional piye?) singkat cerita gw harus bikin e-ktp bekasi supaya bisa bikin kk nah kk ini buat lampiran bikin akte nya asha.

tahun 2012 akhir gw uda melakukan cabut berkas di kecamatan cengkareng tempat gw tinggal dan gw mulai minta pengantar surat cabut berkas dll perintilan buat bikin e-ktp bekasi. di bekasi pun gw mulai lagi dari pengantar rt, rw, kelurahan dan sampe kecamatan.

dikecamatan ini gw nga bisa dibikin e-ktp bekasi alesannya karena uda pernah bikin e-ktp, jadi cuma bisa sekali bikin trus belom ada alat buat memindahkan berkas dari jakarta ke bekasi, alasan terakhir mau ada pemilihan gubernur baru. 
trus gw sebagai warga negara nga punya ktp gt? karena e-ktp jakarta gw uda cabut berkas dan diambil sama kecamatan cengkareng.... di kecamatan bekasi gw di kasi ktp biasa (bukan e-ktp) katanya ini ktp sementara sampe alatnya ada.... nah dengan ktp sementara itu lah gw pake buat bikin kk...bikin akte nya asha dll.

tahun ini ada himbauan dari pemerintah untuk pembuatan e-ktp paling lambat akhir septermber ini.

gw pun buat surat2 dari awal lagi mulai dari rt, rw, kelurahan dan sampe lah di kecamatan lagi..... karena ada himbauan itu kelurahan penuhnya minta ampun malah ada yg bilang antri nya ambil nomor dari abis azan subuh... astagfirullah.... dan dari pihak kecamatan hanya membatasi sampai 140 nomor saja.

dikecamatan gw ditanya sama petugas, surat cabut berkasnya mana? nomor e-ktp jakartanya berapa...heeelloooooo it was 4 years ago dan semua berkas uda gw kasi kekecamatan ini. trus petugasnya suru gw balik kekecamatan cengkareng buat minta surat cabut berkas yang lama (mulai esmosi neh gw) dengan alasan nya si petugas pasti ada berkasnya di kelurahan jakarta. gw balikin aja kata2nya dia..."mas klo di jakarta ada berkasnya seharusnya disini juga ada berkas saya 4 tahun lalu, saya uda serahin semua berkasnya kesini". si mas2nya kekeh bilang ga bisa harus gw ambil berkas ke jakarta gw tanya lagi dasar nya gw minta cabut berkas lagi apa? gw harus ngurus rt rw kelurahan disana dulu... gw aja uda bukan warga sana...pokonya si mas2 nya kekeh harus ada surat cabut berkas gw pun kekeh nga mau minta lagi >.<. gw pun bilang. ini saya dapet ktp sementara dari sini kenapa jadi saya yang harus ribet bolak balik. akhirnya dia kedalem n nanya seniornya.

awalnya si mbak2 senior mempermasalahkan kk gw karena harusnya nomor ktp yang tercantum nomor e-ktp trus dia permasalahin siapa yang bikin kk dan dimana bikin kk nya, langsung gw potong omonganya " mba maaf kenapa di permasalahin kk saya...petugas kelurahan membuat kk saya sesuai sama ktp sementara yang saya dapet dari sini. kenapa saya di kasi ktp sementara klo ujung2 nya jadi masalah di kemudian hari saya harus revisi kk minta surat cabut berkas lagi.kenapa karena bukan kesalahan saya jadi saya yang harus bolak balik ini saya sudah melakukan sesuai prosedur. cabut berkas juga sudah... harus nya dari sini bisa donk tinggal pindah berkas aja kok. si mba2nya bilang mereka bisa asal tau nomor e-ktp lama... dalem ati mana gw inget dah 4 tahun dan itu uda di ambil sma kecamatan sana. akhirnya si mbak2nya suru gw ke dinas kependudukan bekasi disana ada scan retina bisa ketauan sudah pindah berkas atau belum... klo sudah tinggal minta berkas pindah data di bekasi trus print e-ktp.

pergi lah gw n papanya asha ke dinas kependudukan.... astagfirullah di sana antrinyaaaaa & rameeenyaaaa... sedihnya di segitu banyak nya orang ga ada AC /  Kipas angin <--- komplen ga penting.

disana gw ketemu pak angga cek retina dan ketemu lah nik e-ktp disuru ke bawah lagi antri ambil cabut berkas dari bekasi nya...begitu dapet berkasnya bisa di bawa lagi ke kecamatan buat print e-ktp.

etapi ya disana gw liat juga banyak yang pindah ktp kaya gw dan harus bolak balik tetapi begitu sampe dinas kependudukan di tolak karena berkas yang masuk sudah penuh

jujur aja buat gw e-ktp ini ribettttt buat yang pindah lokasi tinggal....ngantri di satu pos aja bisa makan waktu berjam2 dan kita harus ke beberapa pos....trus ada beberapa lansia dan bumil, harusnya mereka buka loket khusus lansia/bumil kasian loh mereka... gw aja yang fit ngerasa cape.....blum lagi klo ga kebagian tempat duduk >.< kan kesian....smoga nantinya ada antrian khusus lansia/bumil jadi mereka ga perlu antrian lama.

3 komentar:

  1. Ish breenn gw juga sama bangeeett *walo gak seribet dirimu siihh..
    Malah jadi kayak penduduk gak terdaftar dimana2 ya bren, berkas di Jakarta udah dicabut di Depok gak diaku, huhuhu..
    Mending dulu gw gak urus pindah domisili deh biarin aja di alamat rumah nyokap.. *malah curhat, haha*

    Semangat yaaaa breeennn..

    BalasHapus
  2. iya tapi ako uda jadi say e-ktp nya... ya itu perlu sabar sampe bolak balik berkali2 ke kecamatan..sue emang padahal cuma ganti kata2 diatasnya aja loh dari DKI Jakarta ke Jawa Barat ribet bangettttt....

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus