Selasa, 29 Oktober 2013

Asha dan SuFor

Diawal-awal kehamilan saya bercita2 ingin memberikan asi sama sibulet nanti selama 2 tahun...begitu masuk usia 7 bln saya sudah mempersiapkan perlatan tempur perasi'an mulai dari alat pumping, puluhan botol kaca dan beberapa kantong asi natur, tapi kenyataanya nga seperti yang saya harapkan :( 

saat saya melahirkan proses imd nga berhasil, asha nya malah asik ngisepin tangan na -____-", hari pertama asha lahir asi saya belum keluar, tapi saya tau asha masih bisa bertahan, sampai hari ke dua asi saya masih juga belum keluar, padahal bidan sudah memijat2 PD saya... karena kasian liat asha nangis dan bibir na kering banget plus dukungan dari orang sekitar buat ngasi sufor akhirna saya setuju dan menandatangani pernyataan di rs klo saya setuju memberi sufor. sedih banget hati saya ini... makanan yang pertama di makan oleh anak saya berupa sufor yang saya juga paham terbuat dari susu sapi berbahan kimia, sapi yang di suntik hormon tapi saya nga punya pilihan lain... 

dihari ketiga asi saya masih belum juga keluar dan dengan terpaksa asha minum sufor... setiap kali asha nangis karena lapar selalu saya kasi PD agar merangsang asi untuk keluar dan berujung dengan asha kecapean dan nangis karena kelaperan setelah itu baru saya kasi sufor, saya pun sudah mulai stress mikir kenapa asinya tidak keluar

dihari ke empat waktu na asha untuk kontrol ke dokter, saat di cek lab ternyata billirubin asha tinggi 16 normalnya 0-12 hikss begitu kontrol ke dokter disarankan asha di sinar agar billirubin na turun.. perasaan saya sedih nya bukan main... seharian saya nangisss nga berenti2...apalagi setelah google tentang bilirubin jika ingin turun harus banyak di beri asi :( wah hancur banget hati saya dan buat saya tambah nangis bombay hikkkssss....... saat saya menunggu di rs mitra untuk kontrol dokter ibu mertua saya kenalan dengan ibu2 yang duduk di sebelah na, dia bilang anak nya juga asi nya nga keluar trus dia pijet sama dukun beranak di rumah na dan setelah itu asi nya deras. saya langsung minta kontak na si dukun beranak, saat itu juga saya janjian minta di pijat PD nya setelah saya selesai dari proses sinar asha....asha pun mulai di sinar jam 1 siang, karena tidak bisa menunggu asha dan asi pun nga punya jadi saya pulang dan lgsg minta di pijet sama dukun beranak itu... 

bikin mama nangis bombay seharian
 
 sore itu sehabis di pijat asi belum juga keluar, malam na saya dan suami menjenguk asha di rs duh kesian anak ku,ako pun berdoa semoga besok asha bilirubin na turun dan boleh pulang
 
di hari kelima sebelum menjenguk asha saya mencoba untuk memompa PD saya dan alhamdulillah asi nya keluar setelah sejam memompa saya dapet 15 milli hati saya luar biasa senang trus langsung saya simpan 
 
 asi pertama
ketika saya sampai di rs mitra ternyata dokternya telah visit asha dan asha harus di tes darah lagi untuk liat billirubin na, begitu petugas lab datang dan suntik asha dia diem aja nga nangis, pas darah na di ambil pun cuma diem aja liatin mama nya wah hebat kamu nak nga kaya mama yang lebay sama jarum, hasil lab baru di ketahui sejam setelah nya dan alhamdulillah billirubin asha turun jadi 10 dan boleh plg....
 
dihari2 setelahnya asi saya pun masih sedikit, jika saya pompa dalam sejam kadang hanya mengotori dasar botol, tapi kadang2 dapet 10-20 mili, saya juga sudah berusaha untuk makan daun katuk, bayam, sop brokoli, kangkung setiap hari, usaha lainnya makan kacang2an dan minum jus pare (pare + melon di jus tampa gula dan air) hampir setiap hari sampe blender mamer saya rusak karena pare muda itu kan keras banget yak...pijat sama dukun beranak 2x dan pijet biasa pun sudah, minum pelancar asi dari dokter kandungan, sumplemen asi, dan mahon pun sudah hasilnya? asi saya masih sedikit... sampai suatu hari saya iklas deh asha jadi anak sufor... eh begitu saya pumping dapet 40mili... wah senang banget sayaa....akhir na walaupun perlahan2 asi saya mulai meningkat dari sehari saya cuma bisa kasi 30 mili (sehasi bisa pumping beberapa kali ya) trus meningkat jadi 60 mili alhamdulillah na klo sekarang sudah bisa 120 mili tapi tetep ya masi di bantu sufor karena asha kebutuhan mimi nya makin meningkat dan sekarang sudah sampe 500-600 mili dalam sehari...saya berharap mudah2an semakin lama semakin banyak asi saya amiennnn.....
 
terkadang saya iri sekali dengan ibu yang asi nya melimpah tapi semua kan sudah di atur sama Allah, memang sudah jalan na begini, toh saya juga sudah berusaha semaksimal yang saya bisa dan nga akan nyerah tetep maw kasi asha asi walaupun cuma seujung kuku..
 
tapi kadang saya juga miris liat komentar2 orang tentang anak sufor, ada yang menyamakan dengan anak sapi ada yang bilang sufor mengandung kimia bla bla bla.... helloooo saya dan ibu2 yang ngasi sufor juga sudah paham klo tidak ada yang sebaik Asi tapi kami tidak punya pilihan lain.... toh sufor masih lebih bagus dari pada air tajin, or air putih apalagi air teh, sama2 seorang ibu, sama2 melahirkan, sama2 sayang anak, sama2 PD lecet2, sama2 kebangun malem n begadang .....lagian juga sufor itu mahal, klo kami punya asi berlimpah juga nga bakal beli sufor mending uang na di tabung buat hal2 lain yang lebih berguna >.< coba juga di liat proses na si ibu knp memberi sufor jangan langsung melihat hasil dan menjudge ibu dan anak yang memberi sufor...karena nga semua ibu beruntung, nga semua ibu di beri kelimpahan asi dan nga semua ibu asi nya keluar pasca melahirkan tolongg ya di cateeettt *esmosi* 

mau anak sufor or anak asi semua sudah di atur jalan na sama Allah so jangan saling menjudge lebih baik saling mensuport satu sama lainya....untuk mama sufor yang asinya dikit kaya saya ayooo semangat yaa.... jangan sedih semua na sudah diatur Allah ^___^ kita manusia cuma ngejalanin n tetep berusaha....semangattttttttttttttttt ^__^
 

Minggu, 27 Oktober 2013

Baby Asha Birthday Story

Setelah harap2 cemas akhirnya moment yang di nanti2 datang juga... alhamdulillah putri cantik ku lahir dalam kondisi sehat wal afiat ^___^ cerita dari awal maw kontraksi ah..

selasa 17 Sep 2013 
jam 23.00 seperti biasa si mama lom bisa bobo n lagi asik ntn the walking dead ulangan di tipi... tiba2 merasa mules2 biasa

rabu 18 sep 2013 
jam 00.00 kok mulai terasa mules yang di sertai sama nyeri pinggang...coba di ignore.... 
jam 01.00 mules dan nyeri pinggang kok terasa lagi dan mulai konstan.. ako liatin jam wah uda 5- 10 menit sekali hati uda deg2an jangan mau lahiran tapi berusaha buat tidur
jam 02.00 wah mules na kok berasa ya.. coba ke toilet buat pup, kok nga maw pup dan ternyata muncul lah si flek yang di tunggu2 itu...lgsg ke kamar bangunin suami dan siap2 ke rs, padahal uda packing2 tapi tetep aja kita lama siap2 na bawa ini itu wkwkkw... oia ke rs naek motor maw cari taxi uda panik nga mungkin ada jam segitu yak
jam 03.00 sampe di rs lgsg ke UGD dan bilang "saya maw lahiran" trus di ambilin kursi roda dan di anter ke ruang bersalin di rs. mitra lt. 2. ternyata jam segitu juga ada yang maw lahiran dokter purbo uda siap2 pake baju tempur nya tapi dia ngecek ako dl... dan pas di cek dalem ternyataaaa... belom ada pembukaan baru penipisan dinding rahim dan di suru pulang tapi mama bum nga maw plg, maw stay di rs aja.. kata si dokter ini masih lama loh bu paling besok subuh lahirnya... si mama kekeh sumekeh maw stay di rs dan di bolehin  sama dokter purbo yang baik hati katanya boleh klo maw stay disini nanti di cek per 4 jam...
jam 04.00 papa ngurus admin n dapet ruangan di kelas 3... td na maw kelas 1 apa daya dana terkuras ke post lain wkwkkwk gpp dah kelas 3, alhamdulillahnya kelas 3 na kosong dan hanya ada 2 kasur jadi berasa kaya di ruang vip minus sofa sama tipi ajah xixixi

jam 08.00 cek pembukaan dan ternyata masih bukaan 1 di suru jalan2 keliling rs biar cepet bukaanna... mules n sakit pinggang masih 10 menit 2 kali dan rasanya masi biasa aja

jam 12.00 cek pembukaan, maju pembukaan na jadi bukaan 2, trus ako di ambil darah di pasangin jarum buat infus dll omigot suntik sana sini -___-" dan uda pake baju bersalin

jam 16.00 cek pembukaan baru pembukaan 3 mules n nyeri pinggang na uda mulai asoy2 gmn gt

jam 19.00 dokter visit dan di liat kondisi ako, masih bisa tidur dan makan masih lahap si dokter cuma senyum dan bilang paling besok subuh lahirnya....

jam 20.00 cek pembukaan dan pembukaan na nga maju sodara2 masih di bukaan 3 maw ke 4 duh mules asoy na nambah tapi bukaan na kok nga nambah

jam 22.30 uda mulai deh nga tahan sama mules.. banyak istigfar n minta di elus2 punggung sama suami

jam 23.00 nga bisa tidur mules n sakit punggung na makin berasa per 5 menit dan papa pun mulai kesel

jam 24.00 cek pembukaan baru bukan 4 sajah sodara2 -____-" mules dan sakit punggung na uda mulai tingkat dewa.. si mama sempet sekali ngomong sama si papa mama nyerah dan di omelin "anak mu tuh lagi berjuang juga buat keluar, kamo yang kuat, kemaren minta doa apa sama allah? maw lahiran normal kan, semua wanita ngalamin kaya gt,jangan nangis n teriak cuma abisin tenaga, simpen tenaga na buat lahiran" si mama berusaha buat tegar dan klo sakit na mulai dateng cuma bisa doa n istigfar

kamis 19 september 2013
jam 01.00 sakit na uda luar biasa banget ya (mungkin ini ako yang lebay) dan ako cuma bisa istigfar sambil nahan2 sakit dan setiap 5 menit sekali sakit pinggang na uda tingkat dewa bangettt 

jam 02.00 uda nga tahan banget sama sakit na dan tiba2 kok berasa ky maw pup, ako ke toilet dan duduk kok kaya bukan maw pup dan manggil para bidan yang jaga pas cek bukaan ternyata uda bukaan 6 dan harus pindah d ruang bersalin

di ruang bersalin semua2 na uda di siapin dan tepat jam 3 di cek ako masih bukaan 8 dan mules na itu luaaaarrr biasaaa.... ako sampe beberapa kali nga bermaksud buat ngejen eh malah ngejen dan beberapa kali suami ingetin jangan ngejen dl tahan atur napas dan istigfar.

jam 04.00 bukaan uda full... alhamdulilah uda boleh ngejen tapi harus dari intruksi dari dokternya....rasanya semangat 45 karena uda di bolehin ngejen, pas dokter mecahin ketuban katana air ketuban na bagus masih jernih trus proses mengejen pun di mulai,sudah beberapa kali ngejen ternyata ngejen na salah...teori senam hamil lupaaaa semua sampe si dokter bilang klo masih ky gn saya vacum ya pak... kasian baby na bisa keabisan oksigen dan simama jadi inget cara ngejen yang bener trus tepat jam 04.35 alhamdullillah putri cantik kami lahirr dengan bb 2.956g n panjang 48cm ^___^..... rasanya luarrr biasa bahagiaaaa.... mules langsung ilanggggg trus lgsg di IMD dan dokter lanjut proses jain menjait, jangan di tanya berapa jaitan ya banyaaakkk soalna kata dokter ako uda ngejen di awal jadi dinding V na tebal dan harus ada yang di gunting (mohon maaf klo agak horor) etapi ya proses jait menjait itu rasanya nga terlalu sakit loh bagi ako kalah deh sakit nya sama rasa mules maw lahiran jadi begitu bayi lahir, mules ilang, seneng liat mukanya bayi wah di apa2in uda nga berasa....

 my angel

selesai proses persalinan si mama di bersihkan sama bidan2 dan masi nunggu di ruang bersalin.. sementara si papa mencuci ari2 dan ngurus2 apa gt...begitu mama maw di pindah ke kamar tiba2 pengen pipis dan tapi baru bangun dari tempat tidur ruang bersalin tiba2 semua menjadi kuning n ako hampir pingsan... sempet di pegangin juga sama bidan na dan di suru duduk sambil merem, bidan ngomong "ibu pake kursi roda aja ya ke kamar nya..."... tapi tiba2 ako berada di suatu tempat dan sedang jalan2 dan tiba2 ako denger suara si bidan ngomong "bu tolong angkat kaki nya... bisa kan bu diangkat kaki nya" ako jawab "saya mimpi ya sus, pah pah mama mimpi ya" saat itu ada suami saya juga yang bantu ke kursi roda, suami saya heran saya mimpi apah... begitu sampai kamar nga lama saya pingin pipis lagi dan manggil bidan soalna si bidan harus ambil kasa yang masih nempel di V... jalan dari kamar kasur ke kamar mandi saya gagah banget tapi begitu saya di kamar mandi tiba2 semua jadi kuning lagi.... saya pun panggil2 suami saya... "pahh pahh kok kuning" trus di pegangin lagi sama bidan na. tiba2 saya sedang berada di sebuah jalan..disebrang jalan ada mobil hitam yang mengangkut beberapa orang... orang2 itu pangil2 saya... "ayo kesini cepet naik mobil... mobilna maw jalan ayo kesini" belum sempat saya menyebrang jalan tiba2 saya denger suara suami saya mangil2 saya trus saya menoleh kebelakang dan tiba2 saya berada di toilet kamar... "pah, mama mimpi ya?" suami saya "mimpi apa...mama maw pingsan ini" ako jawab "mama mimpi maw jalan2 pahhh uda maw naik mobil" trus ibu mertua saya jawab "eh nga boleh ngomong gitu kamu nga kemana2 kamo disini" bu bidan na pun lgsg takut gt "ibu jangan ngomong kaya gt donk" trus saya di bopong ke kasur disuru istirahat dan tidur.... aneh juga yak kenapa saya bisa mimpi seperti itu?

setelah saya beristirahaat eh nga lamasi cantik asha sudah di kamar... xixixi mama papa eyang n oma nya seneng banget liat asha...makasih ya sayang u complete me... love you my baby...


Rabu, 02 Oktober 2013

Hello World


Hello World nama ku Ashabiya Valerie Tabina
Panggilan ku "Asha" 
 





Ashabiya (arab) artinya Gadis kecil
Valerie (Latin) artinya Kuat
Tabina (arab) artinya Pengikut Nabi Muhammad S.A.W
Ashabiya Valerie Tabina  "Gadis yang Kuat Pengikut Nabi Muhammad S.A.W
Smoga kelak menjadi anak yang soleha, pinter, kuat n kebanggan orang mama & papa ya nak amiennnn