Selasa, 29 Oktober 2013

Asha dan SuFor

Diawal-awal kehamilan saya bercita2 ingin memberikan asi sama sibulet nanti selama 2 tahun...begitu masuk usia 7 bln saya sudah mempersiapkan perlatan tempur perasi'an mulai dari alat pumping, puluhan botol kaca dan beberapa kantong asi natur, tapi kenyataanya nga seperti yang saya harapkan :( 

saat saya melahirkan proses imd nga berhasil, asha nya malah asik ngisepin tangan na -____-", hari pertama asha lahir asi saya belum keluar, tapi saya tau asha masih bisa bertahan, sampai hari ke dua asi saya masih juga belum keluar, padahal bidan sudah memijat2 PD saya... karena kasian liat asha nangis dan bibir na kering banget plus dukungan dari orang sekitar buat ngasi sufor akhirna saya setuju dan menandatangani pernyataan di rs klo saya setuju memberi sufor. sedih banget hati saya ini... makanan yang pertama di makan oleh anak saya berupa sufor yang saya juga paham terbuat dari susu sapi berbahan kimia, sapi yang di suntik hormon tapi saya nga punya pilihan lain... 

dihari ketiga asi saya masih belum juga keluar dan dengan terpaksa asha minum sufor... setiap kali asha nangis karena lapar selalu saya kasi PD agar merangsang asi untuk keluar dan berujung dengan asha kecapean dan nangis karena kelaperan setelah itu baru saya kasi sufor, saya pun sudah mulai stress mikir kenapa asinya tidak keluar

dihari ke empat waktu na asha untuk kontrol ke dokter, saat di cek lab ternyata billirubin asha tinggi 16 normalnya 0-12 hikss begitu kontrol ke dokter disarankan asha di sinar agar billirubin na turun.. perasaan saya sedih nya bukan main... seharian saya nangisss nga berenti2...apalagi setelah google tentang bilirubin jika ingin turun harus banyak di beri asi :( wah hancur banget hati saya dan buat saya tambah nangis bombay hikkkssss....... saat saya menunggu di rs mitra untuk kontrol dokter ibu mertua saya kenalan dengan ibu2 yang duduk di sebelah na, dia bilang anak nya juga asi nya nga keluar trus dia pijet sama dukun beranak di rumah na dan setelah itu asi nya deras. saya langsung minta kontak na si dukun beranak, saat itu juga saya janjian minta di pijat PD nya setelah saya selesai dari proses sinar asha....asha pun mulai di sinar jam 1 siang, karena tidak bisa menunggu asha dan asi pun nga punya jadi saya pulang dan lgsg minta di pijet sama dukun beranak itu... 

bikin mama nangis bombay seharian
 
 sore itu sehabis di pijat asi belum juga keluar, malam na saya dan suami menjenguk asha di rs duh kesian anak ku,ako pun berdoa semoga besok asha bilirubin na turun dan boleh pulang
 
di hari kelima sebelum menjenguk asha saya mencoba untuk memompa PD saya dan alhamdulillah asi nya keluar setelah sejam memompa saya dapet 15 milli hati saya luar biasa senang trus langsung saya simpan 
 
 asi pertama
ketika saya sampai di rs mitra ternyata dokternya telah visit asha dan asha harus di tes darah lagi untuk liat billirubin na, begitu petugas lab datang dan suntik asha dia diem aja nga nangis, pas darah na di ambil pun cuma diem aja liatin mama nya wah hebat kamu nak nga kaya mama yang lebay sama jarum, hasil lab baru di ketahui sejam setelah nya dan alhamdulillah billirubin asha turun jadi 10 dan boleh plg....
 
dihari2 setelahnya asi saya pun masih sedikit, jika saya pompa dalam sejam kadang hanya mengotori dasar botol, tapi kadang2 dapet 10-20 mili, saya juga sudah berusaha untuk makan daun katuk, bayam, sop brokoli, kangkung setiap hari, usaha lainnya makan kacang2an dan minum jus pare (pare + melon di jus tampa gula dan air) hampir setiap hari sampe blender mamer saya rusak karena pare muda itu kan keras banget yak...pijat sama dukun beranak 2x dan pijet biasa pun sudah, minum pelancar asi dari dokter kandungan, sumplemen asi, dan mahon pun sudah hasilnya? asi saya masih sedikit... sampai suatu hari saya iklas deh asha jadi anak sufor... eh begitu saya pumping dapet 40mili... wah senang banget sayaa....akhir na walaupun perlahan2 asi saya mulai meningkat dari sehari saya cuma bisa kasi 30 mili (sehasi bisa pumping beberapa kali ya) trus meningkat jadi 60 mili alhamdulillah na klo sekarang sudah bisa 120 mili tapi tetep ya masi di bantu sufor karena asha kebutuhan mimi nya makin meningkat dan sekarang sudah sampe 500-600 mili dalam sehari...saya berharap mudah2an semakin lama semakin banyak asi saya amiennnn.....
 
terkadang saya iri sekali dengan ibu yang asi nya melimpah tapi semua kan sudah di atur sama Allah, memang sudah jalan na begini, toh saya juga sudah berusaha semaksimal yang saya bisa dan nga akan nyerah tetep maw kasi asha asi walaupun cuma seujung kuku..
 
tapi kadang saya juga miris liat komentar2 orang tentang anak sufor, ada yang menyamakan dengan anak sapi ada yang bilang sufor mengandung kimia bla bla bla.... helloooo saya dan ibu2 yang ngasi sufor juga sudah paham klo tidak ada yang sebaik Asi tapi kami tidak punya pilihan lain.... toh sufor masih lebih bagus dari pada air tajin, or air putih apalagi air teh, sama2 seorang ibu, sama2 melahirkan, sama2 sayang anak, sama2 PD lecet2, sama2 kebangun malem n begadang .....lagian juga sufor itu mahal, klo kami punya asi berlimpah juga nga bakal beli sufor mending uang na di tabung buat hal2 lain yang lebih berguna >.< coba juga di liat proses na si ibu knp memberi sufor jangan langsung melihat hasil dan menjudge ibu dan anak yang memberi sufor...karena nga semua ibu beruntung, nga semua ibu di beri kelimpahan asi dan nga semua ibu asi nya keluar pasca melahirkan tolongg ya di cateeettt *esmosi* 

mau anak sufor or anak asi semua sudah di atur jalan na sama Allah so jangan saling menjudge lebih baik saling mensuport satu sama lainya....untuk mama sufor yang asinya dikit kaya saya ayooo semangat yaa.... jangan sedih semua na sudah diatur Allah ^___^ kita manusia cuma ngejalanin n tetep berusaha....semangattttttttttttttttt ^__^
 

13 komentar:

  1. halo blogwalking nih..

    bener tuh sebel banget sama ibu2 yang nge judge ibu lain yang kasih sufor..haha soalnya kmrn abis baca postingan temen di socmed soal asi vs sufor trs caption nya "niihhh buat ibu2 yang males nyusuin anak nya" padahal aku sendiri kasih asix ke anak ku tp sebel banget sama ibu2 yang suka nyalahin ibu lain ga mau nyusuin anak nya padahal mereka sendiri belum tentu tau alasan kenapa ada ibu yang akhirnya kasih sufor ke anak nya..

    tetap semangat yaaaaa..

    BalasHapus
  2. sabar say, memang butuh proses kok.. gia juga campur asi dan sufor karena alesan yang bener2 gak bisa di hindari, insya Alloh kalo kitanya ikhlas dan terus berusaha lama2 juga penghasilan asi nya akan bertambah. semangat ya say...
    omongan orang yang nyinyir itu biarin aja, toh kita juga sudah berusaha yang terbaik dan gak patah semangat untuk ngasi anak asi kan..

    semangat ya mommy asha :)

    BalasHapus
  3. Shabiyya awal2 juga pake sufor + asi nya pendonor Bren.. dan awal2 pun aku juga minim bgt asi nya... (sedih tiap hari gara2 asi kurang)...yang sabar yaa.. semoga di sekeliling kamu mendukung kamu sepenuhnya yaa... mau sufor atau asi, sebagai ibu, pasti kan kasih yang terbaik ke anaknya.. semoga Asha dan mama bumz sehat2 terus yaa...

    BalasHapus
  4. Aaaaahhhh,,, terharu bacanyaaa,,,,
    Beneeerr suka merasa sedih& esmosi deh dibully sama ibu2 yg nyinyir ke formula feeding mom, dikiranya kita ga mau usaha ngasih ASI ke anak, padahal udah sampe jungkir balik supaya ASInya keluar lancar. ASI memang yang terbaik, tapi sufor juga bukan racun kaan?? Buat gw yg ASInya ga lancar dan anak pernah kuning juga, sufor itu penyelamat bgt. Semangat ya say,,,, smoga Asha & mamanya sehat2 terus... Amiin

    BalasHapus
  5. Sabar ya bundanya Asha, Tetap semangat mengASIX berapapun jumlahnya :)

    BalasHapus
  6. bren, ini fida.msh inget ga? ^_^emang bgitu awal2 sedikit bgt.tp lama2 hsl perahan makin banyak klo mkn sering disusuin n diperah.nnti kaget deh 1 PD bs dpt 100-150ml skali merah. mulai nyetok dr skrg yah bren..soalnya 3 bln pertama itu lg banyak2nya..jd nnti pas ngantor ga kejar tayang.kejar tayang itu stres n bikin asi seret...ga ada salahnya stok sebanyak2nya soalnya nnti pas ngantor pasti sering defisit deh..semangat yah breennn..pasti bisaaaa ^_^

    BalasHapus
  7. Bren, aku aja yang ASIX shazia, suka sebel sama Ibu nyinyir sama yg ngasi sufor, emang kenapa kalo sufor? yang penting sehat dan baik tumbuh kembangnya Asha ya say...jangan dipikirin omongan orang, yang penting kamunya hepi nen in Asha, Insya Allah nanti melimpah meluber aamiin YRA :D

    BalasHapus
  8. 1 of the item of mommy's war, ky yg diposting feni noh yg "End the Mommy's War"..
    Gw hybrid baby koq waktu kecil aka bayi ASI mixed Sufor, sehat2 aja sampe sekarang, hehehehe..
    Smangat ya breeenn, yg penting Asha sehaaattt.. :)

    BalasHapus
  9. Aaaahh Manda, akyu malu disebut2 namaku huahahahaaha..

    As long as you feed your baby with love, dont judge :')

    BalasHapus
  10. @tisa lam kenal...maacih uda maw mampir kesini.... ho oh tetep semangat....
    @ulan iya tetep semangat n mudah2an walaupun kasi sufor anak2 kita tetep sehat sampe tua amiennnn
    @dian wah beruntung na ada yang donor ke kamu.... kemaren ada temen suami juga yang baca blog ku n maw donorin asi nya 8 botol sayang na anak nya cowo takutnya nanti anak kita berjodoh jadi nga bisa nerima huhuhuhuhu #diniiheartyoufull ^__^
    @rini iyaa ako pun merasa tertolong sama si sufor walaupun banyak yang bilang racunnn tak perduli lah yaaa... yang penting anak kita sehat amieennn doanyaaa...
    @rere ako semangatt sekaliiii... pas masuk kantor jadi ikut club busui kantor, walaupun sekali pumping sejam cuma dapet 30 milli tetep semangat ako... hebat deh busui2 disini sekali pumping dapet 200-400 milli tapi ako nga minder kok yang penting asha tetep dapet asi.. klo ako minder malah kering nanti....

    BalasHapus
  11. @fida ako tak punya stok soalna masi di bantu sufor... maacih info na klinik laktasi ya... minggu kemaren lom jadi kesana gara2 ada acara keluarga... ako maw kesana secepatnya klo ada waktu
    @desi iyaahhh amiennnn maacih ya dah semangatin ako hehehhehe
    @manda ho oh tetep semangat berapaun asi yang di kasi yang penting asha sehat terusss....
    @feni ho oh maw sufor maw asi kan tetep si emak sayang anaknya hehehehe

    BalasHapus
  12. Senangnya menemukan tulisan ini....ASI aku jg serett...mungkin krn stress...akirnya dikasi sufor si dedek...tiap nyusuin ak ga kuat lecet,akirnya stress n bkin serer...dipompa pun hasilnya cuma 20 mpe 30cc...
    Awalnya sedih ga bs kasi asi ekslusif, blm lagi omongan org2...ya Allah...pengen nangis
    Untungnya si dedek brat bdn nya naek ga klaparan lg seperti 2 minggu pertama, ..msh feel guilty ga bs kasi full
    Tp.baca tulisan ini bnyk yg snasib, sufor bkn racun smoga si dedek ttp.pd sehat..makasiii untuk tulisan inii, jd lbh tenanggg

    BalasHapus
  13. hai ganis #hugs yang semangat ya say jangan nyerah kasi asi buat debay nyaa... ako pun sampe sekarang masih asi campur sufor... uda coba apa aja say? coba booster asi sapa tau bisa ningkatin produksi asinya... ako uda coba juga seh beberapa ya walaupun hasilna nga drastis naik tapi yang penting ako tetep usahain ngasi asi... semangat pumping juga yaaa #kiss

    BalasHapus